Dear pembaca, artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar peluang pekerjaan sampingan yang memungkinkan untuk status pelajar di Ireland. Ada baiknya sebelum kita bahas satu persatu mengenai peluang pekerjaan sampingan, kita hendaknya mengetahui bagaimana peraturan mengenai working permit untuk resident yang berstatus mahasiswa aktif (GNIB Stamp 2 for student).

Pemegang Stamp 2 hanya diperbolehkan untuk bekerja maximum 20 jam per minggunya (bukan rata-rata). Sehingga perharinya (dengan asumsi working days per minggu adalah 5 hari: Senin hingga Jumat) mahasiswa diperbolehkan bekerja maksimum 4 jam saja. Masuk akal sih, karena memang pekerjaan utama mahasiswa adalah belajar (boooo…) :p

Berikut ini penjelasan singkat mengenai job description dan informasi general mengenai peluang-peluang pekerjaan sampingan untuk mahasiswa di Ireland.

1. Exam invigilator

Location: Dublin, Ireland

In campus: Trinity College Dublin, Ireland

Spec: minimal sedang menempuh S2, dan ada special trainingnya 2 hari

Pekerjaan utama dari seorang invigilator adalah mengawasi dan memperlancar jalannya ujian di jurusan atau fakultas tertentu. Sehingga sebagian besar pekerjaannya ‘hanya’

  • datang ke lokasi ujian (baik di dalam kampus atau di RDS)
  • membantu mahasiswa yang sedang ujian untuk mengambilkan ekstra lembar jawaban
  • mengawal mahasiswa dari segala kemungkinan kecurangan
  • mengumpulkan dan menghitung lembar jawaban yang telah terisi

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rekrutmen dan payment rate dapat menghubungi sdri. Retno Vinarti.

2. Research subjects (berlaku juga untuk tutor atau research assistant)

Location: Ireland

In any campus.

Pekerjaan ini adalah menjadi responden untuk riset-riset yang sedang berjalan di masing-masing kampus. Beberapa recruiter memiliki sejumlah budget yang memang dialokasikan untuk memberikan imbal jasa kepada responden (cth: sekitar 10 EUR/2 jam). Data-data pribadi dari responden akan diminta dengan terlebih dahulu menandatangani surat perjanjian di awal mengenai hak dan kewajiban dari responden. Untuk responden yang juga mahasiswa undergraduate tersebut, imbal jasa dapat diconvert menjadi sejumlah ECTS.

Pekerjaan dari tutor atau research assistant tidak jauh berbeda dengan pekerjaan dari asisten dosen di kampus Indonesia pada umumnya. Mereka memfasilitasi mahasiswa untuk praktikum di Lab atau kelas, terkadang juga membantu koreksi pekerjaan mahasiswa dengan hitungan payment per kepala mahasiswa yang diasisteni atau dikoreksi.

Informasi mengenai peluang ini ada di masing-masing noticeboard online setiap kampus (UCD noticeboard, TCD noticeboard, NUIG noticeboard).

3. Childminder

Location: Dublin, Ireland

Pekerjaan ini membutuhkan kesabaran ekstra dan kecintaan kepada anak-anak. Job descnya adalah membantu para ibu-ibu bekerja untuk mendidik, mengajarkan kedisiplinan dan keterampilan, serta kemampuan bersosialisasi kepada anak-anak mereka dalam tenggat waktu yang telah disepakati sebelumnya. Terdapat website khusus mengenai peluang pekerjaan ini, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sdri. Akiko Lahitani.

4. Deliveroo rider

Location: Dublin, Galway, Cork, Belfast

Pekerjaan ini mirip dengan Go-Food yang menjamur di Indonesia, namun sistem pekerjaannya tidak membayar dengan uang pribadi terlebih dahulu karena semuanya telah dibayar lunas oleh pelanggan kepada Deliveroo manajemen. Sehingga, relative lebih minim resiko untuk cancellation order. Pekerjaan ini membutuhkan modal sepeda kayuh, sepeda motor atau kendaraan pribadi dan pulsa internet. Untuk peralatan seperti tas untuk order, jaket, kaos akan diberikan oleh Deliveroo manajemen. Jam kerjanya menyesuaikan ketersediaan rider, dan full berbasis aplikasi.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai rekrutmen dan payment rate dapat menghubungi sdri. Retno Vinarti.

5. Hassle (now Helpling)

Location: Dublin

Pekerjaan ini mirip dengan Go-Clean di Indonesia. Tujuan utama dari pekerjaan ini adalah membantu pelanggan untuk membersihkan lingkup area yang telah disepakati sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pekerjaan ini dapat langsung menghubungi website Hassle.

6. CPL Facebook Dublin

Rekrutmen CPL (outsource Facebook) untuk Indonesian native speaker biasanya beberapa kali dilakukan dalam setiap tahunnya. Pekerjaan utama dari community operation analyst terkhusus untuk Indonesian market adalah memberikan review dan menanggapinya sesuai dengan kebijakan yang dimiliki oleh Facebook Inc.

Informasi mengenai peluang pekerjaan ini dapat menghubungi Desmond atau Wiwin).

Artikel ini ditulis dengan semangat untuk memperbaiki kualitas hidup dari para mahasiswa perantauan di Ireland, walau demikian, jangan lupakan tugas utama kita sebagai pelajar ya pren!
Tetap semangat lulus tepat waktu dan memperbaiki kualitas diri dengan menambah pengalaman yang bermanfaat bagi sekitar.

Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya..

Penulis: Retno Vinarti

Update per 11 January 2018.

Published by ppiirlandia

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Republik Irlandia adalah wadah pemersatu putra-putri Indonesia baik itu pelajar ataupun pemuda yang berada di Irlandia.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: